PROSES DESIG DAN PENGEMBANGAN MEDIA
KONSEP VISUAL
Memberikan kekuatan pada kahal layak atau masyarakat
Memberikan pengaruh pada suatu komunitas
Memberikan suatu iformasi untuk melakukan interaksi sehingga:
Memberikan suatu pengertian
Menarik perhatian
Menghasilkan daya ingat pada suatu materi
Menghasilkan proses interaktif
Menghaslkan pengertian informasi
BATASAN VISUAL
Sesuai dengan kultur daerah
Tiadak terlalu dilebihlebihkan
Simbol disesuaikan dengan daerah setempat
Untuk memudahkan dan dimengerti oleh orang banyak visual menggunakan sesuatu yang umum
GAMBAR DAN INFORMASI
Visual dan Simbol memiliki sesuatu yang berbeda pada suatu daerah tertentu
Gambar dan kultur
Gambar yang mudah dimengerti dan dipahami dalam suatu kultur
Gambar dan imaginasi
Tiadak semua mengerti dalam penggambran suatu visual atau ilustrasi yang memiiki suatu persepsi tiga dimensi atau prespektif, kebanyakan orang hanya mengerti gambar-gambar dua dimensi.
PROSES DASAR DESAIN
Imaginasi skil
Iustrasi skil
Eksekusi skil
Audiance
Dalam suatu design media yang menjadi pertimbangan yaitu orang banyak, dalam perkembangan media idealnya dengan cara memberi tahu semua audiance yaitu:
Siapa mereka
Dilihat dari umur, jenis kelamin, ekonomi status, status daerah desa atau kota, kependudukan atau jabatan, agama dll
Analisis isi pesan
Apa kebutuhan mereka dilihat dari pesan yang akan disampaikan
Reverensi visual
Apa yang akan di ekspous dalam suatu media, gaya visual dan format media
Konseptual dan Pengembangan
Ketika pesan telah selesai dalam suatu catatan maka mulai proses dalam desaign:
Pemilihan atau penentuan suatu media dan format media
Media apa yang paling sesuai untuk menjangkau masyarakat
Format media seperti apa agar menjangkau masyarakat luas
Media lokal apa yang dapat digunakan
Media apa yang baik agar menunjang informasi yang akan disampaikan dapat berulang-ulang
Eksekusi
Dalam melakkan proses kraetif ide dan kreaif dapat dilakukan dengan menggunakan sketsa, gambar ilustrasi atau foto kamera.
Membuat Visual yang Efektif Agar Pesan Dalam Visual Dapat Efektif
Menyusun pesan dalam urutan yang logis pada masyarakat
Dapat dimengerti oleh orang banyak
Gambar yang umum dikenal
Ilustrasi yang realis
Ilustrasi yang sederhan
Ilustrasi dan konteks dimengerti
Menggunakan ilustrasi yang sesuai
Menggunakan simbol yang sesuai
Pertimbangan dalam Design
Kontras
Kesederhanaan
Kesatuan dan keselarasan
Visual menghasilkan pergerakan mata
Seimbang
Berirama
Kamis, 06 Desember 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2007
(32)
-
▼
Desember
(32)
- Jurnal Harian RESIDEN TulBanTgl 3Daerah bantul lum...
- Kegiatan riset tim mrd Bantul03 desember – 06 dese...
- Development Data Analis Bantul SementaraBencana ge...
- PROSES DESIG DAN PENGEMBANGAN MEDIAKONSEP VISUALMe...
- Tgl 8UGALUGALAN BERSAMA SI EMBAPagi hari kita bing...
- Tgl8UGALUGALAN BERSAMA EMBAPagi hari kita bingung ...
- Tanpa judul
- Melihat endahan
- Bertemu Pangeran Dipenogoro
- Tanpa judul
- UGALUGALAN BERSAMA EMBA
- Wah Sangat Besar
- Bertemu Pangeran Dipenogoro
- grimis mengundang
- hhhh
- tugutugu
- mural1
- TGL 15 Beres tak berakhir Hahhhh...akhirnya b...
- mural2
- Tgl16 Pantai Depok di bantul merupakan objek wisa...
- depokkksssxxxx
- Mural Pertama
- Mural Kedua
- Kurban...nyatunyate...
- Muarl bareng anak UIN heheu....
- Tanpa judul
- dayu yang lupa neh....
- mural dua
- mural DUA
- contoh bultin BAWONG
- Tamplet Bultin BANTUl
- dll
-
▼
Desember
(32)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar